Thursday, October 19, 2017

Raising GREAT and PURPOSEFUL teenagers Ps jose carol Upperroom

Raising GREAT and PURPOSEFUL teenagers
Ps jose carol
Upperroom
19 oct 2017

issue yang ada
1. Berhadapan dgn banyak ortu yg cerita bahwa mereka menghadapi anak mereka ada definition gap. Semakin besar gap semakin besar konflik.
Anak remaja sampe 30 thn core questions nya adalah who am i.
Identitas dan gambar diri. Antara umur 30-40 core question bergeser ke where is my place. Aktualisasi diri.
Antara 40-55 pertanyaan jadi why am i here?
Sedangkan di atas itu pertanyaan akan menjadi : How do i finish well and leave an enduring legacy

Kita yang sudah selesai mencari diri dan menentukan posisi dan berusaha menyelsaikan tugas kita dan mau meninggalkan legacy, dan mencoba membesarkan anak yang msh bergumul dengan who am i.
Boro boro mikir why am i here, who am i aja belum ketemu
1 kor 13:11. paulus blg soal kematangan. Wkt anak anak msh pikir dan kata kata spt anak anak. Kedewasaan seseorang ditentukan oleh pola pikir perasaan dan kata kata. Jarak yg mau disampaikan antara orang tua dan anak anak ada gap.
Banyak orang blg anak ga bs mengendalikan diri, ga bs ngatur uang, pergaulan buruk, dan msh banyak hal lain yang digumuli.

5 tips how utk menjembatani gap tersebut. Supaya anak kita hidup sesuai dengan maksud dan tujuan Tuhan dan punya kehidupan yg hebat.

From teenager point of view
Tujuan hidup sbg satu variabel yg solid. Menurut perspektif teen bs dipecah jadi passion dan vision.
Passion - fokus yang membuat kita termotivasi melakukan sesuatu
Mslhnya semangat itu bukan 1 area saja. Cnth nathan passion film making. Nathan juga punya passion sama poverty. Satu itu keahlian, yang disukai. Sedangkan yang lain mengenai kemiskinan itu jadi fokus.
Usia 8 tahun belum ngerti apa apa. Waktu itu buat filem pertama. Hasilnya jelek tp ortu ga bilang jelek, blgnya terus explorasi. Lakukan.
Banyak orang di luar sana yang pesimis, banyak orang yang sll menekan dan merendahkan serta meremehkan. Remaja minta dukungan sama orang tua utk support.
Semangat itu cuman alat. Bukan sebuah tujuan yang kita tuju.
Masalahnya adalah mgkn anak ada passion utk sesuatu, pertanyaannya apa yang akan dilakukan utk itu

Itu sebabnya bagian kedua penting yaitu visi. Tujuan akhir dr kehidupan. Mis pengen ciptakan kerjaan yang punya dampak lbh lama dr masa hidup nathan sendiri
Visi gak selalu baku bisa berubah. Dulu umur 9 pengen buka ice cream shop. Kemudian umur 10 pengen buka hotel. Skrg pengen bekerja melalui kemanusiaan dgn membuat filem
Penting remaja punya visi dan mimpi. Remaja sgt mengandalkan ortu utk mendukung mereka dlm semangat visi mimpi yg mereka miliki kr diluar sana setiap hari menjatuhkan mereka.

Itu sbabnya perlu visi dan misi bersamaan.

Purpose = vision + passion
Kalau punya semangat hanya bersemangat. Kalau punya passion hanya pemimpi.
Kalau punya both ada maksud dan tujuan

Hebat itu subjektif thdp pandangan kita masing2
Definisi hebat tiap org masing msg. Terlepas apapun bedanya, kehebatan tdk tergantung pd keahlian teknis. Kehebatan ada dalam karakter. Org punya semangat dan visi hebat punya tujuan besar tp kalau ga punya karakter yg hebat utk menopang itu ga ada gunanya. Sama spt purpose kehebatan jg bs dipecah dalam langkah2 yang lebih detail.

Remaja penting utk belajar ttg karakter, integritas, kejujuran. Dan belajar ini dr ortu mereka. Cnth dalam keadaan sesulit apapun jgn pernah menyerah. Pas ada deadline buat filem tinggal 2 mgg, nathan berhenti kerjain. Ortu blg finish what you start. Dan bawa dalam doa. Walaupun tidak menolong dr sisi teknis. Tapi mereka menolong dr sisi karakter. Ga masalah ga ngerti area yang anak anak suka, jd yang mereka perlukan adalah dukungan emosional dibandingkan skill area yang mereka kerjakan.

Remaja tumbuh di generasi yang berbeda. Kehebatan tidak ditentukan krn punya 1 kemenangan besar. Tp justru dibangun kemenangan kecil yg terus menerus dalam fase tertentu dalam kehidupan. Penting utk menyadari mendukung menang kecil terus menerus yang akan membangun karakter mereka utk hidup hebat. Ortu punya keleluasaan utk mendorong mereka dr zona nyaman mereka dan mengejar visi semangat dan cita cita mereka

Jadi saat remaja ditanya apa tujuan hidup dipecah jadi vision and passion. Sedangkan greatness datang dr orang yg punya karakter hebat dan punya semangat serta visi. Klo ngerti remaja maka bs ngerti menjembatani gap yang ada. Dengan bekerjasama kita jd bs mengerti apa maksudnya hebat dan purposeful.

5 pemikiran dr parents
1. Give room for authenticity / memberi ruang utk ekspresi diri
Ada konflik dalam authenticity. Mis anak jaman skrg teenager ntar gede pengen jadi youtuber. Apakah ortu bangga sama anak ?
Yer 29:11
Setiap anak lahir membawa blueprint Tuhan atas kehidupan mrk. Tugas ortu hanya spt kontraktor yg mastiin itu blueprint jadi sesuai yang mereka bawa. Tugas dan fungsi kita hanya penatalayan atau steward atas kehidupan mereka. Make sure mereka jadi sesuai rancangan Tuhan. Mereka punya talenta dan keunikan msg2. Mereka harus nyaman jd diri mereka sendiri. Melakukan apa yang perlu mereka lakukan. Joanne ga suka pake rok, dalam hidup hanya mau pake rok 2x.
Healthy self expression. Mengapa mereka mau melakukan suatu hal utk mengekspresikan dirinya? Ortu jg perlu temenin utk ekspresi diri, damage control! Pendampingan sangat perlu. Pastikan ekspresi diri tidak melanggar aturan atau norma yang ada.
Kenapa perlu biarkan authenticity? Ada banyak orang berhasil di usia 40 dalam pencapaian hebat. Kemudian tiba di titik jenuh dalam kehidupan mereka. Burn out krn mereka tidak hidup sesuai dgn tujuan awal kehidupan mereka. Contoh hamba Tuhan saat usia 50 tahun sakit hati mau disingkirkan sama younger generation padahal dia sudah 30 thn mimpin pujian. Kemudian baru tau ternyata dia passion sama landscaping. Kemudian dia baru buka usaha landscape di umur 50.

Anak kita hidup di generasi yg berbeda. Apa yang kita definisikan great sebagai anak mungkin didefinisikan sebagai greater. Jaman ko JC yang hebat insinyur dokter. Generasi z yang punya penghasilan tinggi skrg 5 tahun yang lalu belum ada profesinya. Hadirkan Tuhan dalam kehidupan mereka. Dukung utk menemukan visi dan semangat mereka. Tentunya utk mereka ga lgsg berhasil, tapi itulah pentingnya ortu utk mendukung mereka.

2. Give room for mistakes
Kasi kesempatan utk jadi diri mereka sendiri pst pernah bikin salah. Greatness bukan dari satu keberhasilan besar. Kalau ada keberhasilan kecil pst banyak kegagalan kecil
Kej 1:28
Ketika Tuhan menciptakan adam dan hawa Tuhan memerintahkan utk memenuhi bumi, menaklukan dan berkuasa atas bumi.
Perintah ini tidak berhenti di adam saja, tp berlaku utk keturunannya. Kita harus jd org yg menaklukan kehidupan kita. Bukan sebaliknya ditaklukan oleh kehidupan dan dikuasai oleh masalah dan rintangan yang dihadapi.
Didik anak anak utk jadi mandiri supaya mereka bs berkuasa atas setiap mslh yg mgkn dtg atas kehidupan mereka. Selamanya kita akan ttp jd ortu mereka. Tp masa jabatan ortu sangat terbatas. Saat mereka hrs berdiri sendiri, ortu harus step back. Saat itu fungsi ortu hanya spt angin di bawah kepak rajawali. Membantu supaya mereka bs terbang lbh tinggi tp mereka harus mengandalkan kekuatan mereka sendiri. Berikan mereka kesempatan utk mencoba meskipun ada​ resiko dan kemungkinan gagal. Tp disitu lah ada kesemaptan bagi mereka utk grow dan lbh kuat. Bukan spt telor mentah yang sptnya keras digetok ancur ga bs berdiri lg.

Berikan anak anak kepercayaan dan kesempatan meskipun tau ada resiko gagal atau rugi tp di situlah ortu mengisi posisi. Tp tidak ada pelajaran yang gratis. Dia belajar bahwa Tuhan ikut campur. Kalau anak tidak belajar make mistake mereka tidak pernah belajar berani melangkah. Seorang laki laki harus meninggalkan ortu. Ortu harus mendewasakan mereka. Biarkan anak anak bikin kesalahan dan mencoba. Kasi anak anak kepercayaan dan kesempatan. Biarkan mereka hadapi konsekuensinya. Kalau tidak belajar konsekuensi tidak jadi dewasa.
Jangan coba jadi bumper karena takut mereka dpt konsekuensi. Mending konsekuensi lbh murah drpd konsekuensi di kemudian hari lbh mahal

3. Teach the why behind the what
Semua yang perlu kita jembatani soal pemikiran apapun juga. Yang jd issue adalah pikiran kita dan pikiran mereka. Ucapan dan perasaan antara kita dan mereka. Kenapa beda? Krn musimnya beda. Kalau mereka sudah mampu berada di posisi kita namanya kedewasaan. Mereka harus diajarkan dr sejak muda utk berdiri di posisi org lain. Empathy.
Mis kita ada pemikiran kamu ga boleh gaul sama a. Harus dijelaskan kenapanya. Harus bisa jelaskan dulu nya kenapa sebelum bisa katakan apa nya.
Definisi krg ajar pun subyektif. Cnth bbrp waktu lalu anak anak suka pergi sama sekelompok teman, mereka mau main di pongme. Main ping pong yang kalah minum beer. Yang kalah akhirnya mereka excuse minum air atau soda. Ajarkan association. Mis pergi sama sekelompok peminum kalau tjd apa apa akan diasosiasikan sebagai peminum meskipun utk tidak minum. Berikan kesempatan utk anak anak dipercaya atau menjalankan kepercayaan.

4. Responding right
Respon apapun yang kita berikan menentukan. Responi mis kita mereka sukses, gagal, menunjukkan kualitas baik atau krg baik.
Buat anak remaja word of affirmation sgt penting utk membangun self worth mereka. Membangun self esteem mereka. Anak anak perlu sesuatu yg spesifik.
Mis waktu mereka tunjuk orang pake jari itu ga sopan instead of condemning mereka tanpa menjelaskan. Joanne lbh detail dan leadership lbh tinggi. Dr kecil sering diberi kepercayaan lbh detail. Ternyata itu "melukai" nathan.
Anak badan besar suara besar tp pemikiran belum. Kadang ortu suka ga sadar.
Mengalah itu bukan mengaku kalah. Kadang anak krg ajar depan umum kemudian dihukum di depan umum padahal itu mempermalukan mereka dan membuat jarak semakin renggang. Harus mendewasakan diri juga saat anak tambah dewasa harus grow bigger than them.
Mis waktu kemarin minggu ci hanna pulang dr airport jam 15.40 ko jose sls kotbah 15.20 tapi dia kasitau anaknya nathan suru dateng jam 15.00 utk berangkat bareng in case nathan telat. Tdnya mau sls jam 15.00 tp harus salamin jemaat. Nah abis beres 15.30 ternyata nathan marah you wasted my time 30 mins. Ko jc yang udah abis kotbah 4x dan mau buru2. Dan track record nathan yang sll telat caranya dia krg ajar. Tp kemudian berpikir dan diam malah ko jose minta maaf dan bilang maaf sudah menghabiskan waktu 30 menit. Ternyata itu malah membuat nathan akhirnya sadar dan minta maaf juga. Dan memperpendek jarak. Memperbesar dan mempererat kedekatan

5. Mastering different roles
Harus bedain kapan ortu dan kapan temen. Mis ortu harus menentukan batasan, ortu memberikan security dan mencukupkan kebutuhan. Mengoreksi kalau mereka salah. Rasa percaya dtg krn tangung jawab. Percaya diberikan bukan karena hadiah. Kalau salah dihajar atau ditegur dalam kasih. Walaupun kadang mereka ga suka, tp harus berani bayar harga.
Ajarkan mereka utk bergantung pada Tuhan. At the same time anak anak perlu teman. Seberapa jauh anak msh mau hangout sama ortu, nyaman pergi sama ortu dibanding sama teman (maksudnya bukan anak kuper).
Ortu harus menyediakan , covering utk perlindungan. Ortu akan menyediakan utk every step of their way. Saat jadi teman, itu saatnya membangun kedekatan dan keterbukaan kpd mereka. Menikmati dan asyik bersama itu penting dan itu dibangun dr kecil.

Mazmur 139:1-10
Kedekatan ga dtg begitu saja. Kita merasa dekat krn Tuhan menyelidiki kita. Anak merasa dekat kalau mereka hidupnya diselidiki. Menyelidiki makanya kita kenal. Ketahui kemudian tanya.

Selidiki kenal mengetahui. Parenting is not rocket science. Dekatkan anak ke Tuhan adalah proteksi yg plg aman.

No comments:

Post a Comment