Sunday, May 12, 2019

Kotbah 12 mei 2019 ps jose carol it all starts with grace

Kotbah 12 mei 2019
1st service
Ps jose carol
It all starts with grace
The kasablanka

Yohanes 1:14-15
Yohanes 1:14-15 (TB)  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku."

Yesus penuh dengan kasih karunia dan kebenaran
Yohanes 1:16-17 (TB)  Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia;
sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

Musa memberikan hukum taurat sedangkan Yesus memberikan kasih karunia (grace) dan kebenaran (truth)
Hukum taurat itu sempurna. Aku datang bukan utk menghapuskan hukum taurat tapi menggenapi hukum taurat

Sebagai manusia kita ga bs memenuhi sesuai standard yang Yesus tetapkan. Misalnya Yesus naikkan standard berzinah itu adanya di pikiran bukan di perbuatan. Makanya kita perlu kasih karunia. Kita menerima kasih karunia demi kasih karunia. Kalau kita mau dituntut sesuai hukum maka kita ga ada sebagaimana kita ada skrg.

Roma 3:23-24
Roma 3:23-24 (TB)  Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

Kalau bukan karena kasih karunia kita ga akan bisa mendapatkan kesempatan utk luput dari kematian dan masuk menuju kehidupan. Hukum taurat adalah merit based system berdasarkan kepatutan dan jasa (apa yang kita lakukan). Kalau tidak dilakukan maka kita tidak layak mendapatkan. Karena kasih karunia kita mendapat akses utk masuk ke dalam kehidupan

1. Kasih karunia membawa kehidupan
Bukan cuman kehidupan kita skrg. Tapi membawa kehidupan rohani kita utk kepada kekekalan. Kasih karunia bicara soal menerima sesuatu yang tidak pantas kita terima.
Mercy diterjemahkan sebagai pengampunan atas hukuman yang harusnya kita terima. Ayah yang meninggalkan anak anaknya kemudian setelah anaknya besar anaknya mau ketemu sama papa. Itu mercy. Tapi utk mamanya terima balik itu grace. Utk terima pengampunan itu mercy. Kita tidak hanya terima mercy tapi juga terima grace. Contoh : dalam hubungan yang mati kita perlu kasih karunia supaya hubungan tersebut bisa hidup kembali. Persahabatan. Pernikahan.

Yohanes 8:1-11
Yohanes 8:1-11 (TB)  tetapi Yesus pergi ke bukit Zaitun.
Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka.
Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah. Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah
lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah.
Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?" 
Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.
Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Ia pun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."
Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah.
Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?"
Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Tertangkap basah harusnya ada dua belah pihak. Perlu 2 orang. Tapi kenapa yang cowo tidak kena hukuman?
1. Kasih karunia tidak pernah menentang hukum. Yesus sama sekali tidak pernah mendebat hukum.
2. Kasih karunia memberikan kesempatan tanpa menyangkali kesalahan. Berapa sering kita terima kasih karunia karena melupakan. Kasih karunia merupakan ekspresi cinta kasih Tuhan kepada kita semua.

Apa yang Yesus coba lakukan?
Tidak ada seorangpun yang layak kalau diukur dari ukuran hukum taurat.
Wanita itu seharusnya dan sepantasnya dihukum tapi Yesus tidak menghukum karena kasih karunia. Grace. Bukan karena perubahan perilaku kita yang tdnya pantas dihukum mati jadi jadi tidak dihukum tapi karena kasih karunia.

3. Kasih karunia melindungi kita dari tuntutan dan tuduhan. Menawarkan pengampunan.
Kemerdekaan
Roma 8:1-3
Roma 8:1-3 (TB)  Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.
Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.
Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging,

Kalau bukan karena kasih karunia kita akan tetap dikenal sebagai apa yang kita lakukan di masa lampau kita. Kasih karunia perlu tanggung jawab. Ancaman bagi kemerdekaan adalah kemerdekaan itu sendiri. Kemerdekaan itu perlu batasan. Kalau tidak kenal batasan maka kita akan kehilangan kemerdekaan kita. Kalau dikasi kebebasan utk makan kalau kita lewat batasnya maka kita akan kehilangan kebebasan utk makan apa aja (sakit). The biggest threat to freedom is freedom.

Kebenaran
Titus 3:4-7
Titus 3:4-7 (TB)  Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia,
pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,
yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita,
supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita.

Pergilah jangan berbuat dosa lagi
Jangan biarkan kesempatan yang kita terima rusak karena konsekuensi yang kita lakukan. Jangan anggap remeh kebenaran, jangan lagi kembali ke kehidupan yang lama

Rasa syukur
Kasih karunia adalah the most precious thing utk hal yang berharga dalam kehidupan kita. Alasan mengapa begitu banyak perdebatan ttg kasih karunia?
Karena Kristus kita jadi mendapat tanda masuk utk bergerak dari kematian menuju kehidupan.
Value is determined by sacrifice.
Hanya orang yg tidak ngerti nilai dari yang dia terima akan semena semena dengan anugerah yang dia terima.

Roma 6:1-3
Roma 6:1-3 (TB)  Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu?
Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?
Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?

Kalau tau betapa besar rencana Tuhan yang disediakan apakah kita masih mau kembali ke kehidupan yang lama?

What kind of life do you want to live?
Kalau kita tau betapa besar pengorbanan yang kita terima kita tidak akan menyia nyiakan

No comments:

Post a Comment