Sunday, March 31, 2024

kotbah 31 mar 2024 ps sidney mohede easter sunday

Kotbah 31 mar 2024 ps sidney mohede

Dasar iman kekristenan kita adalah injil / kabar baik

‭1 Korintus 15:3-4 TB‬
[3]  Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, [4]  bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci; 

https://bible.com/bible/306/1co.15.3-4.TB

Yesus mati utk menebus dosa 
‭Yohanes 11:25 TB‬
[25] Jawab Yesus: ”Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, 

https://bible.com/bible/306/jhn.11.25.TB

Tidak ada satupun dari kita yang bs melarikan diri dari kematian
Tp Tuhan menjanjikan kehidupan kekekalan
There is more to our story lebih dari sekedar kehidupan jasmani yang kita alami saat ini

‭Roma 10:9-10 TB‬
[9] Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. [10] Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. 

https://bible.com/bible/306/rom.10.9-10.TB

Ga bs kita jd pengikut Kristus tanpa kita percaya kebangkitan Kristus 
Kita diberikan peneguhan bahwa kita yang percaya ttg Yesus akan bangkit dengan Dia

Tuhan kita adalah Tuhan yang maha kuasa
Mereka semua mati pada akhirnya namun Yesua dia bangkit dari kematian dan tidak mati kembali dan disaksikan muridnya naik ke surga

Kebangkitan adalah sesuatu yang sulit kita bayangkan. 

‭1 Korintus 15:12-20 TB‬
[12] Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati? [13] Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. [14] Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu. [15] Lebih dari pada itu kami ternyata berdusta terhadap Allah, karena tentang Dia kami katakan, bahwa Ia telah membangkitkan Kristus – padahal Ia tidak membangkitkan-Nya, kalau andaikata benar, bahwa orang mati tidak dibangkitkan. [16] Sebab jika benar orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. [17] Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. [18] Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus. [19] Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia. [20] Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. 

https://bible.com/bible/306/1co.15.12-20.TB

Kebangkitan Yesus adalah jaminan bahwa maut sudah kalah dan kita juga akan bangkit

‭Roma 5:17-18 TB‬
[17] Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus. [18] Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup. 

https://bible.com/bible/306/rom.5.17-18.TB

Apa makna kebangkitan Kristus selagi kita msh hidup di dunia ini?
Kehidupan kekal bs kita hidupi sekarang juga. 

‭Yohanes 17:3 TB‬
[3] Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. 

https://bible.com/bible/306/jhn.17.3.TB

Make space - hidup mengenal Bapa dan mengenal Yesus

‭Roma 6:5 TB‬
[5] Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. 

https://bible.com/bible/306/rom.6.5.TB

‭Roma 6:6-14 TB‬
[6] Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa. [7] Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa. [8] Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia. [9] Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia. [10] Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah. [11] Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus. [12] Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. [13] Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. [14] Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.  

https://bible.com/bible/306/rom.6.6-14.TB

Kehidupan yang sejati dan kekal adalah pengenalan dan hubungan dengan Kristus

No comments:

Post a Comment