Sunday, May 5, 2024

Kotbah 5 May 2024 Ps Johannes Thelee On earth as in heaven

New life in Christ
kita semua milik Kristus ditebus dengan lunas, di kuduskan utk jadi bagian dalam kerajaan Allah
‭Galatia 2:20 TB‬ 
[20] namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. 

https://bible.com/bible/306/gal.2.20.TB
Hidup baru harus dijalanin penuh dengan keyakinan kepada Kristus, kehendakNya adalah yang terbaik utk kita
‭1 Tesalonika 2:11-12 TB‬
[11] Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang, [12] dan meminta dengan sangat, supaya kamu hidup sesuai dengan kehendak Allah, yang memanggil kamu ke dalam Kerajaan dan kemuliaan-Nya.  

https://bible.com/bible/306/1th.2.11-12.TB
Kehidupan kita dan dunia ini akan menjadi lebih baik kalau kehendak Allah terjadi di bumi seperti di surga

kalau kehendak kita yang terjadi berarti kehidupan kita dan dunia ini ga akan jadi lebih baik. kalau kehendak kita yang terjadi kehendak siapa yang didahulukan? kan ada banyak orang. akan ada ketidakselarasan kehendak. kalau semua mau jadi juara 1 siapa yang akan belajar menerima kekalahan.

kalau semua mau dapat untung yang lebih besar? siapa yang harus belajar menerima kerugian. 

‭Yakobus 3:16 TB‬
[16] Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat. 

https://bible.com/bible/306/jas.3.16.TB

kehidupan kita dan dunia ini tidak akan menjadi lebih baik kalau kita menjadi Tuhan dan raja atas diri kita sendiri. 
bukankah seringkali kita menjadi Tuhan atas hidup kita sendiri, tapi seringkali kita gak yakin atas hidup kita sendiri atas masa depan kita. Kita seringkali mencoba dan gagal terus. 
sampai pada akhirnya, manusia / kita sadar bahwa kita butuh penolong. manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan. Kita memerlukan Tuhan Yesus utk menjadi raja dan memerintah atas kehidupan kita

Yesus Kristus adalah bukti bahwa Allah setia pada janjiNya untuk mendatangkan seorang Raja yang baik dan adil yang kerajaanNya kekal sampai selamanya. 

‭Roma 14:17 TB‬
[17] Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. 

https://bible.com/bible/306/rom.14.17.TB

Kerajaan = basileia
Kekuasaan dan kedaulatan yang dimiliki seorang raja
Kerajaan adalah pemerintahan yang dipimpin oleh seorang raja

on earth as in heaven 
Bagaimana caranya supaya kita bisa membawa kehidupan kita menjadi alat / cerminan surga di bumi ini
menjadikan Kristus sebagai Tuhan dan raja atas kehidupan kita
Menjadikan nilai kerajaan Allah dan kehendak Nya sebagai prioritas dan pegangan hidup kita. kolose 3:1-2 Pikirkanlah perkara yang di atas bukan yang di bumi. Lihatlah segala sesuatu dalam dunia kita dari perspektifnya Tuhan. Belajar melihat segala sesuatu dari sudut pandang Tuhan dan raja. Perspektif melihat sudut pandang kita selanjutnya. matius 6:33 hal yang harus kamu utamakan adalah hidup dengan cara sepatutnya sebagai warga kerajaan Allah. sikap kita harus mencerminkan bahwa kita adalah warga kerajaan Allah
menjadi duta bagi kerajaanNya bagi dunia ini. kita sebaga duta harusnya juta menjalankan perintah / amanat agung dari negara kita berasal. Matius 28:18-20 Kepadaku diberikan segala kuasa di surga dan di bumi. Karena itu pergilah jadikanlah semua bangsa muridku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan anak dan Roh Kudus dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadamu. Ketahuilah aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman. 


No comments:

Post a Comment